PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN LISTENING SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

Muhammad Syamsul Arifin, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media audio Listening “What is It terhadap kamampuan listening siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control groupdesign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C yang masing-masing berjumlah 15 orang. Analisis data menggunakan uji rerata, uji N-Gain, dan uji Independet Sample T Test. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan media audio Listening “What is It” terhadap kemampuan listening siswa kelas VII B dan VII C. Hal ini ditunjukan dengan dengan adanya perbedaan antara hasil belajar siswa (menggunakan media audio) dengan hasil belajar siswa (tanpa menggunakan media audio) melalui uji perbandingan (independent sample t test) menunjukan bahwa nilai Sig. (2 Tailed) sebesar 0,07 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen (kelas VII B) dengan kelompok Kontrol (kelas VII C). Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media dalam pembelajaran mampu memberikan pengaruh yang signifikan.
Kata kunci: Media Audio Listening “What Is It”, Siswa SMP, Kemampuan Listening

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter