PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO TERHADAP KEMAMPUAN LISTENING SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media audio Listening “What is It terhadap kamampuan listening siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control groupdesign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C yang masing-masing berjumlah 15 orang. Analisis data menggunakan uji rerata, uji N-Gain, dan uji Independet Sample T Test. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penggunaan media audio Listening “What is It” terhadap kemampuan listening siswa kelas VII B dan VII C. Hal ini ditunjukan dengan dengan adanya perbedaan antara hasil belajar siswa (menggunakan media audio) dengan hasil belajar siswa (tanpa menggunakan media audio) melalui uji perbandingan (independent sample t test) menunjukan bahwa nilai Sig. (2 Tailed) sebesar 0,07 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat diartikan bahwa ada perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen (kelas VII B) dengan kelompok Kontrol (kelas VII C). Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media dalam pembelajaran mampu memberikan pengaruh yang signifikan.
Kata kunci: Media Audio Listening “What Is It”, Siswa SMP, Kemampuan Listening
Kata kunci: Media Audio Listening “What Is It”, Siswa SMP, Kemampuan Listening
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.