PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI SAGAN

Aprilian Prakasa Mulya, Teknologi Pendidikan FIP UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap peningkatan pemahaman konsep pecahan pada mata pelajaran matematika untuk siswa kelas V SD Negeri Sagan, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen bentuk pre experimental designed model one group pretest and posttest, subjek penelitian ini adalah 11 siswa kelas V dengan instrumen penelitian adalah tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang terjadi pada penggunaan media video pembelajaran yang diberikan, terhadap peningkatan pemahaman konsep pecahan siswa kelas V, terbukti dengan perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest sebesar 74.09 dan rata-rata skor posttest 83,18, berdasarkan Test Statistics hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test (Non Parametris), nilai Z yang didapat sebesar -2,401 dengan p value (Asymp.Sig (2 tailed)) yaitu 0,016 < 0,05 ini membuktikan bahwa kemampuan dalam memahami konsep pecahan siswa kelas V meningkat setelah treatment berupa media video pembelajaran.
Kata kunci: media video pembelajaran, pemahaman konsep pecahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter