PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN HITUNG PEMBAGIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS 2
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papan hitung
pembagian kelas 2 sekolah dasar. Penelitian dilakukan berdasarkan fakta dasar
dilapangan diketahui bahwa pemahaman mengenai pembagian masih rendah dan
kurangnya media pembagian yang mendukung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yang berlangsung dalam 3
tahapan. Subyek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Perumnas Condong Catur
Depok Sleman Yogyakarta yang berjumlah 70 siswa terdiri dari 10 siswa untuk tahap uji
coba lapangan awal,dan 20 orang pada uji coba lapangan utama dan 40 orang pada uji
lapangan operasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang cara
peneliannya dengan diberikannya sebuah angket penilaian kepada siswa setelah
penggunaan terhadap media papan hitung.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan sudah memenuhi kreteria baik dan layak sehingga dapat di ujicobakan
kepada siswa kelas 2 sekolah dasar. Berdasarkan hasil dari total sampel penelitian, 90%
siswa menerima dan merasakan manfaat terhadap media pembelajaran papan hitung
pembagian. Manfaat utama yang diperoleh siswa adalah papan hitung pembagian
mempermudah dan mempercepat proses berhitung pembagian.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.