PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA “PABARUDANTAR” UNTUK MATEMATIKA KELAS V SD

Diah Prasetyawati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media sederhana “pabarudantar” yang layak digunakan untuk mata pelajaran matematika kelas V SD. Desain penelitian ini menggunakan model R&D yang telah dimodifikasi tahapnya, meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan data, perencanaan, mengembangkan produk awal, uji coba awal, revisi untuk menyusun produk utama, uji coba lapangan utama, revisi untuk menyusun produk operasional, uji coba produk operasional, dan revisi produk final. Subjek penelitian meliputi uji validasi ahli materi dan ahli media, dan uji coba awal (3 siswa), uji coba lapangan utama (7 siswa), serta uji coba lapangan operasional (15 siswa), melibatkan siswa kelas V SD N Caturtunggal 1. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian ahli materi memperoleh kategori sangat baik (4.72), penilaian ahli media kategori sangat baik (4.4), uji coba awal kategori penilaian sangat baik (4.67), uji coba lapangan utama kategori sangat baik (4.86), dan uji coba produk operasional kategori sangat baik (4.9).

Kata Kunci : media, media sederhana “pabarudantar”, matematika, kelas V SD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter