PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN FISIKA MATERI KALOR DI SMP

Dian Mardianto, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia yang layak dalam pembelajaran Fisika dengan materi Kalor untuk siswa kelas VII di SMP. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Devlopment) atau penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 1 Prambanan Klaten yang terdiri dari 32 orang siswa. Objek penelitian ini adalah multimedia berbasis adobe flash cs6 dalam pembelajaran Fisika materi Kalor. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan, panduan wawancara dan angket kelayakan multimedia. Data hasil dari penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif kalor yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dari uji lapangan dinyatakan layak dengan kriteria multimedia pembelajaran yang dihasilkan sebagai berikut: bersifat kognitif dan dikemas secara deduktif, tombol responsive, terdapat game puzzle, video komunikatif, animasi percobaan, tombol yang konsisten, dan Layout komunikatif. Validasi ahli materi dilakukan sebanyak dua tahap. Aspek yang dinilai adalah materi, kesesuaian konsep, dan pembelajaran dengan rerata skor akhir (4,8) dikategorikan sangat baik. Validasi ahli media juga dilakukan sebanyak dua tahap. Aspek yang dinilai adalah tampilan, pemrograman, dan pembelajaran. Dengan rerata skor akhir (4,5) dikategorikan sangat baik. Uji lapangan dilakukan tiga kali yakni uji coba lapangan awal, uji coba lapangan, dan uji pelaksanaan lapangan. Uji coba lapangan awal diperoleh skor (4,4) dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan diperoleh skor (4,5) dengan kriteria sangat baik. Hasil uji pelaksanaan lapangan diperoleh skor (4,6) dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Kalor

Abstract
This study aims to produce a decent multimedia in physics learning with calor material for students of the Seventh Graders in SMP. The type of this research is R & D (Research and Development) or a development study was adapted from Borg and Gall. The subject of this research is the seventh graders of SMP N 1 Prambanan Klaten which consist of 32 students. The object of this research is multimedia based Adobe Flash cs6 in learning physics of calor material. The instruments used in this research are observation sheet, interview, and questionnaire. The result of data from this research used to analyzed descriptive quantitative. The result of this research indicate that Interactive Calor in learning multimedia that has been validated by material expert and media expert as well as field trials evident feasible with the multimedia learning criteria produced including:cognitive and deduktive nature, responsive button, there is a puzzle game, communicative video delivery, experiment based animation, consistent button placement, and communicative layout. Validation of material expert was done in 2 stages. Aspects assessed are material, draft, and learning. The average score final of (4,8) it belongs to very good. Validation of media experts is also done in two stages. Aspects assessed are display, programming, and learning. The average score final of (4,5) it belongs to very good. Field trials were conducted three times; the first field trials, field trials, and field implementation trials. The first fields trials only reach score (4.4) it belongs to very good criteria. Field trials get score of (4.5) it belongs to very good criteria. The results of field implementation test get score (4.6) it belongs to very good criteria.
Keywords: Development, Multimedia Interactive Learning, Calor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter