PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD 1 PATALAN

M. Rastra Surya Pradana, Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media Monopoli Indahnya Kebersamaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD 1 Patalan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model Dick & Carey, Arief S Sadiman, dan Borg & Gall. Penelitian ini melibatkan 2 dosen UNY sebagai validator dan 26 siswa kelas IV SD 1 Patalan sebagai subjek uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Hasil penilaian media Monopoli Indahnya Kebersamaan dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,2 (baik), ahli media mendapatkan rerata skor 4,84 (baik), uji lapangan awal mendapatkan presentase 86,67% (layak), uji coba lapangan mendapatkan presentase 96,67% (layak), uji coba operasional mendapatkan presentase 97,14% (layak), dan uji hasil belajar pretest mendapatkan rerata nilai 5,96, sedangkan hasil belajar posttest menunjukkan rerata nilai 7,77, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan rerata nilai sebesar 1,81. Jadi, media Monopoli Indahnya Kebersamaan dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media, Monopoli, Indahnya Kebersamaan

Abstract
This research aim is to generate media monopoly Indahnya Kebersamaan to enhance learning outcomes for grade 4 students at SD 1 Patalan. This study is research and development using Dick & Carey, Arief S Sadiman, and Borg & Gall method. This study involved 2 UNY lecturers as validator and 26 grade 4 students at SD 1 Patalan as the main subject of testing. In this study, the data were collected using observation, interview, and questionnaire. Results of Media Monopoly Indahnya Kebersamaan assessment from the subject experts get a mean score 4,2 (good), media expert get a mean score 4,84 (good), preliminary field testing get percentage 86,67% (decent), field testing get percentage 96,67% (decent), main field testing get a percentage of 97,14% (decent), and pretest learning outcome get average score 5,96, while the post-test learning outcome showed the average score 7,77, so that the students learning outcomes was increased by the mean score 1,81. The conclusion is media monopoly Indahnya Kebersamaan for the grade 4 students in primary school is feasible.
Keywords: Media, Monopoly, Indahnya Kebersamaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter