IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 DI SDN PERCOBAAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 di SDN Percobaan 2 Depok Sleman Yogyakarta pada kelas IV beserta kendala kultural dan struktural yang terjadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu pendidik, peserta didik, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 di SDN Percobaaan 2 Sleman Yogyakarta pada kelas IV meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan, pendidik memantapkan pemahaman peserta didik terhadap konsep-konsep yang telah dikuasai yang berkaitan dengan materi baru yang akan dipelajari. Kegiatan inti mengarah pada student centered learning melalui berbagai aktivitas belajar seperti; mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Kegiatan penutup dilakukan dengan menyimpulkan hasil belajar serta memberikan program pengayaan. Selain itu terdapat beberapa kendala lain yang terjadi, seperti pada tingkat pemahaman pendidik, kedalaman materi, alokasi waktu, dan format penilaian. Pendidikan karakter yang muncul sesuai temuan yaitu: disiplin, jujur, bertanggungjawab, mandiri, kerja keras, cinta tanah air, dan menghormati agama dan keyakinannya masing-masing.
Kata kunci: Pendidikan karakter, Kurikulum 2013
Abstract
This research aims at finding out the implementation of character education on Kurikulum 2013 at grade IV at SDN Percobaan 2 Sleman Yogyakarta as well as some cultural and structural issues there. This research uses qualitative approach. The subjects of this study are educators, learners, and principals. Techniques of data collection using observation, interviews, and documentation. Data analysis using data reduction measures, data presentation and conclusions. Technique examination of data validity by using triangulation. The results show that the implementation of character education on Kurikulum 2013 at grade IV at SDN Percobaan 2 Sleman Yogyakarta involved introduction activities, main activities, and closing activities. Initially, the teacher made a connection of students’ background knowledge and new materials. The main activities referred to student-centered learning activities involving: observing, questioning, experimenting, analyzing, and communicating. For the closing, the teacher made a conclusion and enrichment. Meanwhile, there were some issues dealing with the teachers, materials, time allocation, and the assessment format. Character education can be seen from the following attitude, such as: discipline, honest, responsible, independent, persistent, nationalistic, and respectful to one’s religion and believes.
Keywords: Character education, Kurikulum 2013
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.