PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI AWILUAR KABUPATEN TASIKMALAYA JAWA BARAT

Dais Masnunah, Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu mata pelajaran bahasa Inggris yang layak untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini mengadopsi penelitian pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall yang dikolaborasikan dengan model Dick & Carey. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Awiluar sejumlah 15 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil skor penilaian melalui uji coba pada ahli materi didapatkan skor akhir sebesar 87 (kategori sangat layak) dan pada ahli media mendapatkan skor akhir 58 (kategori sangat layak). Selanjutnya pada uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian 141 (kategori sangat layak), pada uji coba lapangan utama diperoleh skor 381 (kategori sangat layak), dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh skor 675 (kategori sangat layak). Hasil keseluruhan uji coba media kartu adalah sangat layak.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Media Kartu, Bahasa Inggris

Abstract
The development research aims to produce feasible English Language Card Cards of the 5th level students in elementary school. The development research adopted Borg & Gall development model collaborated with Dick & Carey model. The subjects of this study were 15 peoples of the 5th level students at SD Negeri Awiluar. Data were collected by observation, interview, and questionnaire. Technical analysis of data used in this research was descriptive quantitative. The assessment results were scored by experiments of material experts got score of 87 (very feasible category) and by media expert got score of 58 (very feasible category). Furthermore, in initial field trial, the score of assessment result was 141 (very feasible category). In main field trials, the scores were 381 (very feasible category), and in field trial was 675 (very feasible category). The overall result of card media trials was very feasible.
Keywords: Media Learning, Media Card, English


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter