PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN BAHASA JAWA MATERI AKSARA JAWA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) karakteristik produk Multimedia Pembelajaran Interktif mata pelajaran Bahasa Jawa materi aksara Jawa yang dihasilkan untuk siswa kelas IV SD Bangunharjo, dan (2) kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan adalah model Borg and Gall. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Karakteristik produk yaitu: a) produk dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD); b) untuk mengenalkan materi Aksara Jawa, c) berisi materi tentang Aksara Jawa Legena, Sandhangan Swara, dan Sandhangan Panyigeg Wanda; (2) produk layak digunakan berdasarkan validasi ahli materi mendapatkan skor 3,66 (layak), berdasarkan ahli media mendapatkan skor 3,63 (layak), berdasarkan respon siswa dari uji coba lapangan awal mendapatkan skor 1,00, pada uji coba lapangan utama mendapatkan skor 0,88, dan pada uji coba lapangan operasional mendapatkan skor 0,90 (layak).
Kata kunci : multimedia pembelajaran interaktif, aksara jawa, sekolah dasar.
Abstract
This study aims to: (1) to produce an Interactive Multimedia Learning of Javanese subject with the topic aksara jawa for fourth grade students of Bangunharjo Elementary School, and (2) knowing the level of feasibility of Interactive Multimedia Learning which evolved. This study used the method of research and development (R & D). The development model used in this research is Borg and Gall model. The research subjects are 21 students in grade IV, amounting to 21 students. Analysis of the data used in this research is quantitative descriptive. The results of the study as follows: (1) Characteristics of the resulting product are: a) interactive multimedia learning products packaged in the form of Compact Disk (CD), b) to introduce the Aksara Jawa material; c) contain material Aksara Jawa Legena, Sandhangan Swara, and Sandhangan Panyigeg Wanda; (2) the resulting product is feasible to be used as a learning media based on the validation of the material experts obtain score of 3.66 (decent), based on the media expert obtain score of 3.63 (decent), based on the student's response proved from the preliminary field testing obtain score 1.00 , in the main field testing obtain score 0.88, and in the operational field testing obtain score 0.90 (decent).
Keywords: interactive multimedia learning, aksara jawa, elementary school.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.