PENERAPAN METODE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X IIS 2 SMAN 1 KRETEK

Aprilia Dwi Astuti, Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam
pembelajaran Sosiologi di kelas X IIS 2 SMAN 1 Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (classroom action research) dengan desain model Kemmis & Mc Taggart.
Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa
kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kretek yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan
triangulasi teknik. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis
deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
persentase keaktifan siswa berdasarkan hasil observasi pada siklus I sebesar 69,60%.
Persentase keaktifan tersebut meningkat pada siklus II menjadi sebesar 81,77%. Selain itu,
persentase keaktifan siswa berdasarkan hasil angket pada siklus awal siklus sebesar 57,85%.
Persentase keaktifan tersebut meningkat pada siklus I menjadi sebesar 69,77%, dan pada
akhir siklus (siklus II) sebesar 83,19%. Berdasarkan analisis hasil observasi dan angket per
indicator, masing-masing mengalami peningkatan dari 69% dan 70% pada siklus I menjadi
78% dan 84% pada siklus II. Berdasarkan uraian di atas, maka disimpulkan bahwa
penggunaan metode pembelajaran take and give dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran sosiologi di Kelas X IIS 2 SMAN 1 Kretek.

Kata kunci: Metode Take and Give, Keaktifan, Pembelajaran Sosiologi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-societas.v8i1.15673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


eISSN: 2827-9417