PARTISIPASI WARGA SEKOLAH DALAM PELAKSANAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA

Ani Lestari, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan partisipasi warga sekolah, faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah sebagai penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu dengan langkah kondensasi, pengumpulan data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini mengunakan trianggulasi. Hasil penelitian: (1) Partisipasi warga sekolah terdiri dari partisipasi dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengambilan manfaat, dan evaluasi. (2) Partisipasi warga sekolah mencerminkan nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong royong dan nilai integritas (3) faktor penghambat: padatnya kegiatan belajar mengajar di sekolah berdampak pada kurangnya pembagian waktu dalam kegiatan PMR. Sedangkan faktor pendukung: keterkaitan kerja sama yang baik antara sekolah dengan puskesmas.
Kata kunci: Partisipasi, program uks, dan ppk
Abstract
study aimed to describe the participation of school residents, describe inhibiting and supporting factors in implementing school health business programs as a reinforcemet of character education in SMP Negeri 8 Yogyakarta. Data colletion techniques using interview, observation, and documentation. Data analysis techniques used the model of Miles, Humberman, and Saldana, namely the condensation step, data collection, data presentation and drawing conclusions. Test the validity of the data in this study was triangulation.the research result: (1) Participation of school residents consisted of participation in decision making, implementation, benefit-taking, and evaluation.(2) school residents reflects religious, nationalist, independent, mutual cooperation and integrity value. (3) Limiting factors are the dense teaching and learning activities in school that have an impact on the lack of time sharing in PMR activites The supporting factor was the good cooperation relatonship between schools and community health centre.
Keyword: Participation,uks program, and ppk.t

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i4.15872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics