PARTISIPASI SISWA DALAM IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMP NEGERI 1 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi siswa dalam implementasi program literasi sekolah, serta faktor pendukung dan penghambatnya di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bentuk partisipasi material siswa berupa sumbangan buku dan sumbangan uang untuk pembelian benda-benda yang dapat menunjang kegiatan literasi sekolah; (2) Sedangkan pada bentuk partisipasi non material siswa berupa keikutsertaan dan kehadiran siswa dalam kegiatan seperti 15 menit membaca, pojok baca, dan kegiatan literasi lainnya; (3) Faktor penghambat pelaksanaan program literasi yaitu sebagian guru kurang mendukung dalam kegiatan literasi, susahnya dan kurangnya mendapatkan waktu dalam melaksanakan program karena adanya kebijakan 5 hari sekolah, perpustakaan sulit mengadakan event untuk menarik siswa berkunjung; (4) Faktor pendukungnya adalah dukungan dari kepala sekolah, semangat siswa untuk membaca, dukungan sarana dan prasarana, adanya program dari sekolah maupun perpustakaan.
Kata Kunci: Partisipasi Siswa, Implementasi, Program Literasi Sekolah.
Abstract
This research has purpose of describing students participation in the implementation of the school literacy program, and implementation supporting and inhibiting factors at Yogyakarta 1 JHS. The researcher used qualitative descriptive. The data analysis technique used, data collection, data condensation, data presentation, and conclusion. For the data validity reasearcher used triangulation source method and techniques. The result of this research are: (1) Student’s material participation are books donation and money donation to purchase things to support school literacy activities; (2) Meanwhile non material students participation are studentsparticipatr and attend in the activities like reading for 15 minutes, reading corner, and other literacy activities; (3) The inhibit factors of literacy are some teachers not supportive with literacy activities, because of the policy of 5 days school there are no times to do the programs, and library has a hard times to make good events for student’s interest; (4) The support factors are supports from the headmaster, spirit of student’s to read, facilities and infrastucture supports, programs by school and library.
Keywords: Student’s Participation, Implementation, School Literacy Program.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan partisipasi siswa dalam implementasi program literasi sekolah, serta faktor pendukung dan penghambatnya di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yakni, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Bentuk partisipasi material siswa berupa sumbangan buku dan sumbangan uang untuk pembelian benda-benda yang dapat menunjang kegiatan literasi sekolah; (2) Sedangkan pada bentuk partisipasi non material siswa berupa keikutsertaan dan kehadiran siswa dalam kegiatan seperti 15 menit membaca, pojok baca, dan kegiatan literasi lainnya; (3) Faktor penghambat pelaksanaan program literasi yaitu sebagian guru kurang mendukung dalam kegiatan literasi, susahnya dan kurangnya mendapatkan waktu dalam melaksanakan program karena adanya kebijakan 5 hari sekolah, perpustakaan sulit mengadakan event untuk menarik siswa berkunjung; (4) Faktor pendukungnya adalah dukungan dari kepala sekolah, semangat siswa untuk membaca, dukungan sarana dan prasarana, adanya program dari sekolah maupun perpustakaan.
Kata Kunci: Partisipasi Siswa, Implementasi, Program Literasi Sekolah.
Abstract
This research has purpose of describing students participation in the implementation of the school literacy program, and implementation supporting and inhibiting factors at Yogyakarta 1 JHS. The researcher used qualitative descriptive. The data analysis technique used, data collection, data condensation, data presentation, and conclusion. For the data validity reasearcher used triangulation source method and techniques. The result of this research are: (1) Student’s material participation are books donation and money donation to purchase things to support school literacy activities; (2) Meanwhile non material students participation are studentsparticipatr and attend in the activities like reading for 15 minutes, reading corner, and other literacy activities; (3) The inhibit factors of literacy are some teachers not supportive with literacy activities, because of the policy of 5 days school there are no times to do the programs, and library has a hard times to make good events for student’s interest; (4) The support factors are supports from the headmaster, spirit of student’s to read, facilities and infrastucture supports, programs by school and library.
Keywords: Student’s Participation, Implementation, School Literacy Program.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i3.15863
Refbacks
- There are currently no refbacks.