PENDIDIKAN ANAK-ANAK NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembinaan khususnya untuk memperoleh pendidikan yang dilakukan LPKA terhadap anak-anak narapidana, kebijakan dan strategi yang dilakukan untuk pendidikan anak-anak narapidana di LPKA, dan kendala yang dialami dalam memberikan pendidikan kepada anak—anak narapidana. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data menggunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data trianggulasi sumber dan tenik. Hasil penelitian: (1) LPKA dalam pembinaan anak narapidana memiliki prosedur dalam melaksanakan pembinaan a) Identifikasi sekolah terakhir anak, b). Mencari mitra untuk di ajak kerjasama dalam bidang pembinaan tak terkecuali pembinaan pendidikan. (2) Kebijakan pembinaan anak narapidana terwujud dalam bentuk aturan-aturan yang ada di LPKA dan Strategi pembinaan pendidikan anak dari LPKA yaitu mengutus dua stafnya untuk dijadikan guru pengajar agar dapat membantu kelancaran dalam pembinaan pendidikan (3) Kendala-kendala dalam pembinaan pendidikan anak narapidana yaitu fasilitas dan atau sarana prasarana dalam pembelajaran, guru yang jarang datang untuk mengajar, pendaftaran anak-anak ke database dinas untuk dijadikan murid resmi SKB, dan juga pada pembiayaan pendidikannya.
Kata Kunci: Pendidikan, Anak Narapidana
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pembinaan khususnya untuk memperoleh pendidikan yang dilakukan LPKA terhadap anak-anak narapidana, kebijakan dan strategi yang dilakukan untuk pendidikan anak-anak narapidana di LPKA, dan kendala yang dialami dalam memberikan pendidikan kepada anak—anak narapidana. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analisis data menggunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data trianggulasi sumber dan tenik. Hasil penelitian: (1) LPKA dalam pembinaan anak narapidana memiliki prosedur dalam melaksanakan pembinaan a) Identifikasi sekolah terakhir anak, b). Mencari mitra untuk di ajak kerjasama dalam bidang pembinaan tak terkecuali pembinaan pendidikan. (2) Kebijakan pembinaan anak narapidana terwujud dalam bentuk aturan-aturan yang ada di LPKA dan Strategi pembinaan pendidikan anak dari LPKA yaitu mengutus dua stafnya untuk dijadikan guru pengajar agar dapat membantu kelancaran dalam pembinaan pendidikan (3) Kendala-kendala dalam pembinaan pendidikan anak narapidana yaitu fasilitas dan atau sarana prasarana dalam pembelajaran, guru yang jarang datang untuk mengajar, pendaftaran anak-anak ke database dinas untuk dijadikan murid resmi SKB, dan juga pada pembiayaan pendidikannya.
Kata Kunci: Pendidikan, Anak Narapidana
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v8i3.15861
Refbacks
- There are currently no refbacks.