IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI TAMANSARI 1 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang implementasi kebijakan pendidikan inklusi di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Serata mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari Impleamentasi Kebeijakan Pendidikan Inklusi di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah koorinator pendidikan inklusi, guru dan kepala sekolah. Setting penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tamansari 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang diunakan adalah observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Dengan tahapan berupa pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti, maka dapat diitarik kesimpulan bahwa Implemantasi kebijakan pendidikan inklusi di SD Negeri Tamansari 1 berdasarkan standar teori implementasi kebijakan dari Edward III yaitu 1) Faktor komunikasi (Communication), komunikasi yang terjalin antara Dinas Pendidikan dengan pihak sekoloah berjalan secara multiarah, 2) Faktor Sumber Daya (resources) sumber daya peralatan yang ada di SD Tamansari 1 masih kurang untuk mendukung implemantasi kebijakan inklusi namun faktor sumber daya manusia SD Negeri Tamansari 1 dapat menutupi kekurangan tersebut dengan inovasi dan kesabaran mereka dalam mendidik anak berkebutuhan khusus, 3) Disposisi (Disposition), pelaksana kebijkaan pendidikan inklusi sudah memiliki komitmen untuk terus meningkatkan kemampuan keprofesiannya, pengetahuan tenaga pendidik akan pendidikan inklusi, pengalaman mereka menghadapi anak berkebutuhan khusus dan penerimaan mereka terhadap anak berkebutuhan khusus di kelas. 4) Birokrasi, terdapat kordianator pendidikan inklusi sebagai salah satu wujud dari pembagian kekuasaan di struktur organisasi SD Negeri Tamansari 1.
Kata kunci: Pendidikan Inklusi, Implemantasi Kebijkana Pendidikan Inklusi
Abstract
This research aimed to describe how the implementation of inclusive education at tamansari 1 elementary school. to know the information he implementation of inclusive education at tamansari 1 elementary school, to know the supporting and inhibiting factors of the implementation of inclusive education at tamansari 1 elementary school.
This research is qualitative descriptive type of research. The subjects in this research were inclusive education coordinaor,teachers, and headmaster. This research was set at tamansari 1 elementary school. Data was collected by conducting observation, interview, and documentation with the stages of data collection, data reduction, and data presentation. Data validity was clarified by the source.
The result of the research shows that the1) communication between government and school has been running well, 2) the facilities are still lacking to support the implemantation of inclusion policy but the human resources factor can cover the deficiency with their innovation and patience in educating the children with special needs, 3) implementing the inclusive education wisdom already have a willingness to continuously improve their professional skills, educators' knowledge of inclusive education, their experience with children with special needs and their acceptance of children with special needs in the classroom, 4)School of choice and action required under existing conditions
Keywords: Inclusive Educations, Implementing Inclusive Education Policy
Full Text:
PDFReferences
Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i3.13174
Refbacks
- There are currently no refbacks.