IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, 1) proses perencanaan pendidikan kewirausahaan di SMP Negeri 15 Yogyakarta, 2) organisasi pendidikan kewirausahaan di SMP Negeri 15 Yogyakarta, 3) implementasi program pendidikan kewirausahaan di SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru, pendamping kegiatana ekstrakurikuler dan peserta didik. Objek penelitian mengenai program pendidikan kewirausahaan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Uji validitas data melalui triangulasi sumber, dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peraturan inpres Nomor 4 tahun 1995 dan ditegaskan pada UU Sisdiknas No 20 Tahun 2013, sekolah menurunkan peraturan tersebut ke dalam kebijakan sekolah melalui misi. Perencanaan program ini memiliki struktur organisasi yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan pendidik. Pendidikan kewirausahaan di sekolah memiliki klasifikasi yang terdiri dari bentuk program, sarana dan prasaran, serta hasil program.
Kata kunci: Implementasi program, pendidikan kewirausahaan, SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Abstract
This Research is purposed to describe, 1) Entrepreneurship education planning process at Junior High School 15 Yogyakarta, 2) Entrepreneurial Education Organization at Junior High School 15 Yogyakarta, 3) Implementation of entrepreneurship education programs at Junior High School 15 Yogyakarta.
This research uses qualitative descriptive method. The subject of research is headmaster, vice principal, teacher, companion extracurricular activities, and students. The data collecting is done with observation, interview, and documentation. The data analysis uses Miles and Huberman style, such as reduction, data display, and drawing conclusion or verification. The data validity uses source and technique triangulation.
The result shows that with the Presidential Instruction No. 4 of 1995 and affirmed in the National Education System Law No 20 of 2013, schools lower the regulation into school policy through missions. The planning of entrepreneurial education program has an organizational structure, namely the principal, vice principal, and educator. Entrepreneurship education in school has a classification consisting of the type of program, facilities, and infrastructure, and the results of the implementation.
Keyword : Implementation Program, Entrepreneurship Education, Junior High School 15 Yogyakarta
Full Text:
PDFReferences
Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i6.13163
Refbacks
- There are currently no refbacks.