IMPLEMENTASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK NASIONALISME SISWA DI SD NEGERI MUNTILAN
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mendiskripisikan bagaimana impelentasi program ekstrakurikuler dalam membentuk rasa nasionalisme siswa di SD Negeri Muntilan. Deskripsi terkait dengan persepsi warga sekolah SD Negeri Muntilan terhadap ekstrakurikuler Pramuka dan nasionalisme.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek warga sekolah SD Negeri Muntilan dan dengan objek implementasi program ekstrakurikuler dalam membentuk rasa nasionalisme siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini mengacu pada pendapat Sugiyono. Tahapan pengolahan data yang dilaksanakan meliputi: 1) Reduksi Data, merangkum dan memfokuskan hasil penelitian sesuai dengan focus dan tujuan penelitian, 2) Penyajian Data, mendeskripsikan data dalam bentuk naratif, 3) Verifikasi. Pengambilan kesimpulan diperoleh menggunakan teknik obeservasi dan wawancara. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) Pengujian Validitas Internal, 2) Pengujian Validitas Eksternal, 3) Pengujian Reliabilitas, dan 4) Pengujian Obyektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program ekstrakurikuler Pramuka meliputi kegiatan yang dapat membentuk rasa nasionalisme siswa, 2) Membentuk rasa nasionalisme siswa dilakukan dengan prinsip ekstrakurikuler pramuka
Kata kunci: ekstrakuikuler Pramuka, Pramuka, kepramukaan, rasa nasionalisme, nasionalisme
Abstract
The purpose of this study is to describe how the extracurricular program impelentasi in shaping a sense of student nationalism in Muntilan State Elementary School. Description related to the perception of elementary school students of Muntilan State toward extracurricular scouts and nationalism. This research includes descriptive qualitative research type with subjects of elementary school students of SD Negeri Muntilan and with object implementation of extracurricular program in shaping the sense of student nationalism. Data analysis techniques in this study refers to the opinion Sugiyono. Stages of data processing carried out include: 1) Data Reduction, summarize and focus the results of research in accordance with the focus and research objectives, 2) Presentation Data, describe data in the form of narrative, 3) Verification. Taking conclusions was obtained using obeservation techniques and interviews. The validity of data used in this research is 1) Internal Validity Testing, 2) External Validity Testing, 3) Reliability Testing, and 4) Objectivity Testing. The results showed that: 1) Implementation of scout extracurricular program includes activities that can form a sense of student nationalism, 2) Establish a sense of student nationalism is done with the principle of extracurricular scout.
Keywords: extracurricular scout, scout, scouting, sense of nationalism, nation
Full Text:
PDFReferences
Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, FIP Universitas Negeri Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i6.13158
Refbacks
- There are currently no refbacks.