IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI TLACAP SLEMAN

Angga Novihastaka Saputra, Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Penddikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi kebijakan pengembangan sekolah ramah anak di SD N Tlacap Sleman. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kebijakan pengembangan sekolah ramah anak di SD N Tlacap Sleman. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan pengembangan sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap, dalam interpretasi dihadiri oleh koordinator SRA, kepala sekolah, perwakilan wali siswa, ketua komite, dan tokoh masyarakat, dan menghasilkan 3 kebijakan yaitu, kebijakan perlindungan anak, kebijakan penanganan bullying, dan kebijakan penanganan narkoba. SOP terkait pengorganisasian di SD N Tlacap adalah kebijakan sekolah dan Peraturan Bupati Sleman Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Pengembangan Sekolah Ramah Anak. Pada tahap aplikasi berjalan dengan baik. Implementasi menggunakan teori Edward III yang mengacu 4 aspek. Komunikasi yang terjadi di SD ini cukup baik. Sumber daya terkait sekolah ramah anak mendekati sempurna. Disposisi dalam kebijakan sekolah ramah anak cukup baik. Struktur birokrasi sesuai dengan bagan.(2) Faktor pendukung adalah sumber daya manusia dan fasilitas yang mumpuni, pengetahuan orang tua yang cukup, kemauan dari para pelaksana yang baik, selanjutnya penghambatnya adalah pengetahuan wali siswa yang kurang paham terkait SRA, dan sedikit saja sarana prasarana yang kurang memenuhi.
Kata kunci: implementasi kebijakan, pengembangan sekolah ramah anak, SD Negeri Tlacap Sleman

Abstract
The research explain to describe: (1) Implementation of child friendly school development policies in Public Elementary School Tlacap Sleman. (2) Support factor and obstacle factor implementation of child friendly school development policies in Public Elementary School Tlacap Sleman. This research method used qualitative descritive approach. Data collecting techniques used interview, observation, and documents. Data analysis used techniques who was developed by Matthew B. Milles and A. Michael Huberman with stages includes data reduction, display data, and conclution or verification. The result of this research showed:(1) Implementation of child friendly school development policies in interpretation available and present coordinator child friendly school, headmaster, representative parents, chairman of committee and public figure, the result policy “policy child protection, policy handling bullying, and policy handling narcotics”. Standar operating procedure in Organization this school having used school policy and regulation area Sleman No 19 Years 2016 About Child Friendly School Development. At the application stage runs well. Implementation used reference theory Edward III four aspect. Comunication in elementary school good enough. Resource in this school almost perfect. Disposition in this school pretty good. Structure bureaucratic acoording to the chart. (2) Support factor implementation are resources good person, knowledge parents enough, will implementor good, and obstacle factor are parents knowledge less about child friendly school, and little amenities less fill.
Keywords: Implementation policy, development child friendly school, public elementary school Tlacap Sleman


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Penddikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i4.13145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics