KULTUR SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA

Rindhi Cahyani Pawestri, Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMA N 1 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 Kepala sekolah, 4 wakil Kepala Sekolah, 5 Guru, 1 Karyawan, 5 siswa, dan 1 petugas perpustakaan. Objek penelitian ini meliputi artifak fisik dan non-fisik. Setting penelitian di SMA N 1Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan model interaktif.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kultur yang dimiliki oleh SMA N 1 Bantul Yogyakarta meliputi artifak fisik dan non-fisik yang telah menggambarkan kultur yang positif, tercermin dari interaksi antar warga sekolah dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah. SMA N 1 Bantul telah membudayakan nilai-nilai dengan berbagai programnya, seperti membudayakan nilai-nilai kebersihan, religus.disiplin,kejujuran, berprestasi, kerja sama, dan sopan santun.
Kata Kunci: Kultur Sekolah, artifak, nilai-nilai.

Abstract
This research is aimed to describe the school’s culture to increase the education quality in 1 Bantul Senior High School, Yogyakarta.This research use qualitative approach with descriptive method. The subjects of this research are a headmaster, four vice principals, five students, five teachers, a staff, five students, and a librarian. The objects of this research include physical and non-physical artefacts. The research setting is in 1 Bantul Senior High School building, Yogyakarta. The technique used to collect data are by observations, interviews, and documentations. The data analysis technique is interactive model. The data validity usetriangulation sources and triangulation techniques. The result of this research shows that the culture possessed by 1 Bantul Senior High School, Yogyakarta includephysical And Non-Physical Artifacts That Have Illustrated A Positive Culture, Reflected In The Interaction Between School Residents And Facilities Provided By The School. SMA N 1 Bantul Has Cultivated Values With Various Programs, Such As Civilizing The Values Of Cleanliness, Religus. Discipline, Honesty, Achievement, Cooperation, And Courtesy.
Keywords: School Culture, Artifacts, Values


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i4.13141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics