IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN DAN SD N SERAYU

Diah Indaryati, Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Sapen dan SD N Serayu. Subyek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, dan orangtua siswa. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pendidikan karakter dilaksanakan melalui 3 program, yaitu PPK berbasis kelas, PPK berbasis budaya sekolah, dan PPK berbasis masyarakat. Kendala yang dialami dalam implementasi kebijakan pendidikan karakter di kedua sekolah tersebut yakni masih adanya beberapa siswa yang melakukan aktivitas sehari-hari tidak sesuai dengan pendidikan karakter yang diimplementasikan di sekolah, seperti seperti makan dan minum sambil berjalan. Kendala lainnya di SD N Serayu terkait dengan ketidakdisiplinan beberapa guru maupun siswa dalam jam kedatangan di sekolah.Ciri khas pelaksanaan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Sapen adalah nilai kedisiplinannya, sedangkan di SDN Serayu pada nilai kepeduliaannya terhadap lingkungan.
Kata kunci: Pendidikan karakter, Penguatan Pendidikan Karakter

Abstract
This research aims to describe the implementation character education policy in Muhammadiyah Sapen and Serayu elementary school. The subjects in this research consist of headmaster, teachers, educational personil, students, and parents. Data analysis use Miles and Huberman’s model, while the validity is done by source and techniques triangulation. The result of this research showed that character education policy is implemented by 3 programs, PPK in class basis, PPK in school cultures basis, and PPK in society basis. The barries of implementation character education in both schools are some students still perform daily activities not in accordance with the implemented character education in schools, such as eat and drink while walking. Other constraints in SD N Serayu are few teacher and studentgoing to be late.Characteristic of implementation character education policy in SD Muhammadiyah Sapen lies in its discipline, whereas in SD N Srayu lies in caring for the environment.
Key words: Character education in elementary school, PPK, PPK’s program


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i4.13136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics