IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGALIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BIDANG PENDIDIKAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG 23 TAHUN 2014 DI SMKN 2 GODEAN

Arfan Fauzan, Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pengalihan guru SMK bidang pendidikan berdasarkan UU 23 Tahun 2014 di SMKN 2 Godean. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ialah Kepala Dikmenti DIKPORA, Kepala BKD DIY, Kepala Analisis SDM Aparatur, Kepala Sub Bidang Mutasi, 1 guru Matematika, 1 guru BK, 1 guru Ipa dan Ipa Terapan, 1 guru Bahasa Inggris. Teknik pengumpulan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Interpretasi; para guru SMKN 2 Godean merasa khawatir mengenai pengalihan guru Sekolah Menengah Kejuruan karena ruang lingkup DIKPORA yang luas meliputi seluruh wilayah propinsi DIY. Kemudian, TIM TEKNIS mendatangi SMKN 2 Godean untuk melakukan pemberitahuan dan pelaksanaan pengalihan dengan tujuan mendapatkan S.K. BKN dan S.K. Gubernur yang diterbitkan oleh BKD DIY bagi guru SMKN 2 Godean.
Kata kunci: Balai Pendidikan Menengah Sleman, Dinas DIKPORA DIY, guru SMKN 2 Godean.

Abstract
This study to described the implementation of the policy on transfer of high school teachers of vocational education on the basis of act 23 years 2014 in SMKN 2 Godean. Qualitative method used in the study. A subject of Head of secondary and higher education of DIKPORA, Head of the BKD Yogyakarta, Head Analysis human resources apparatus, Head of Sub Division Mutation, 1 Math teacher, 1 Counseling teacher, 1 Science teacher and Ipa Applied, 1 English teacher. The technique of the using interview and documentation. That analysis data using the reduction, the appearance, the withdrawal of conclusion. The triangulation test using the techniques and sources. The results of the study as follows: 1) Interpretation: teachers SMKN 2 Godean worry about diversion high school teacher vocational because scope DIKPORA broad covering the whole area in the province of Yogyakarta. Then, the technical team come to SMKN 2Godean to do notice and implementation of diversion in the purpose of obtaining S.K. BKN and S.K. Governor published by BKD Yogyakarta for teachers SMKN 2 Godean.
Keywords: Public hall of the upper secondary education Sleman, The district education office DIY, teachers SMKN 2 Godean.


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i4.13134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik CounterĀ Web Analytics