IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI 1 KERTEK KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO

Zulfikar Adi Wicaksana, Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 Kertek Kabupaten Wonosobo dan (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan ekstrakurikuler pramukadi SD Negeri 1 Kertek Kabupaten Wonosobo
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina pramuka, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri 1 Kertek Kabupaten Wonosobo terlaksana dengan baik. (2) Faktor pendukung meliputi: Sekolah mewajibkan siswa kelas 3,4 dan 5 mengikuti kegiatan Pramuka, sarana dan prasarana yang mendukung, dukungan dari pihak orang tua dan siswa antusias mengikuti kegiatan pramuka. Faktor penghambat meliputi sering diliburkannya kegiatan pramuka karena fasilitas sekolah digunakan untuk kepentingan perlombaan pelajar tingkat kecamatan dan pembina pramuka hanya satu orang. Implementasi pendidikan karakter di SD Negeri 1 Kertek menjadikan siswa mencintai tanah air dan peduli terhadap sesama sehingga dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik.
Kata Kunci: implementasi pendidikan karakter, kehidupan berbangsa dan bernegara, kegiatan ekstrakurikuler pramuka

Abstract
This research aims to finding : (1) the implementation of character education in the life of nation and state through scout extracurricular in SD N 1 Kertek Wonobo. (2) Supporting factors and the obstacles of character education implementation in the life of nation and state through scout extracurricular in SD N 1 Kertek Wonosobo.
This research is conducted qualitative descriptive. This research’s subjects are the headmaster, the scoutmaster, and the students. The techniques of data collections are observations, interviews and study literature. Meanwhile, the techniques of data analysis are data reduction, data display and conclusion. Ttiangulation of sources and triangulation techniques are used to validity of data.
The results of this research are: (1) the implementations of character education in the life of nation and state through scout extracurricular in SD N 1 Kertek Wonosobo were well done. (2) The supporting factors are, there is a policy that all of students grade 3,4 and 5 must follow the scout extracurricular. There are supporting facilities and infrastuctures. There are supporting from the parents dan also enthuiastic students. But, the obstacles are the scout extracurricular is often closed because of the facilities and infrastructures are used for district competition. The last, there is only one the scoutmaster. The implementation of character education in SD N 1 Kertek Wonosobo make students love the home country and also care to each other, so it can be make better socially life.
Keywords: character education, implementation, extracurricular scout activities


Full Text:

PDF

References


Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Kebijakan Pendidikan FIP Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v7i3.13089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Statistik Counter Web Analytics