Eksplorasi Kesadaran dan Keterlibatan Mahasiswa terhadap Olahraga Fullball

Muhammad Sigit Antoni, Department of Physical Education, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Jauza Aqila Nurhidayat, Department of Sports Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Riski Kumoro, Department of Sports Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yogaswara Hayu Murti, Department of Sports Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bayu Akbar Revantyo, Department of Sports Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abusamah Farhan Ubaidah, Department of Sports Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Imanuel Pascal Ravanesta, Department of Sports Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Adji Pangestu Suhana, Department of Sports Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Alana Tegar Jelang Ramadhan, Department of Sports Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Yasfa Al Mutaqi, Department of Sports Science, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Seiring perkembangan zaman, berbagai jenis olahraga terus bermunculan, menawarkan alternatif aktivitas fisik yang menarik dan menyenangkan bagi generasi muda. Salah satu olahraga yang relatif baru dan mulai dikenal di Indonesia adalah Fullball. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pengetahuan dan minat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terhadap olahraga Fullball, sebuah olahraga inovatif yang relatif baru dan mulai dikenal di Indonesia. Pendekatan deskriptif kuantitatif digunakan dengan melibatkan 58 mahasiswa sebagai responden, terdiri dari 28 mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan serta 30 mahasiswa dari fakultas lain. Data dikumpulkan melalui angket daring yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 81% mahasiswa sudah pernah mendengar tentang Fullball, namun hanya 19% yang memiliki pengalaman bermain. Media sosial menjadi sumber informasi utama bagi 48,3% responden, diikuti oleh teman dan media lain. Sebanyak 51,7% mahasiswa pernah menyaksikan pertandingan Fullball, sedangkan 72,4% menunjukkan ketertarikan untuk mempelajari olahraga ini. Meskipun demikian, 55,2% menilai promosi Fullball masih kurang efektif. Mayoritas mahasiswa (94,8%) percaya bahwa Fullball memiliki potensi besar untuk berkembang dan populer di kalangan generasi muda. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun kesadaran terhadap Fullball sudah cukup tinggi, pengalaman langsung dan promosi perlu ditingkatkan untuk mendorong partisipasi aktif mahasiswa. Implikasi praktis penelitian ini menekankan perlunya kolaborasi antara pihak kampus, pengelola olahraga, dan komunitas untuk mengembangkan program pelatihan, turnamen, serta kampanye digital yang kreatif dan interaktif. Penelitian ini memberikan dasar penting bagi pengembangan Fullball di lingkungan perguruan tinggi dan dapat menjadi acuan bagi strategi promosi olahraga baru di masa depan.

Keywords


FullBall; olahraga baru; olahraga kontemporer; mahasiswa

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Abed, S. S., Dwivedi, Y. K., & Williams, M. D. (2015). Social media as a bridge to e-commerce adoption in SMEs: A systematic literature review. The Marketing Review, 15(1), 39–57. https://doi.org/10.1362/146934715X14267608178686

Alexandris, K. (2012). Exploring the role of motivation on the development of sport involvement. International Journal of Sport Management and Marketing, 12(1–2). https://doi.org/10.1504/IJSMM.2012.051252

Fullball - The New & Exciting Indonesian-born Sport. (n.d.). Retrieved April 24, 2025, from https://officialfullball.com/

Melnychuk, I. M., Yastremska, S. O., Popovych, D. V., Humeniuk, V. V., Yefremova, O. V., Novakova, L. V., & Shukatka, O. V. (2021). HEALTH DYNAMICS OF THE MEDICAL UNIVERSITY STUDENTS DURING SPORTS ACTIVITIES. Wiadomosci Lekarskie (Warsaw, Poland : 1960), 74(2). https://doi.org/10.36740/wlek202102123

Olmedilla, A., Toro, E. O., & Abenza, L. (2016). Self-concept, sport, and physical activity practice in university students. Journal of Human Sport and Exercise, 11(4). https://doi.org/10.14198/jhse.2016.114.02

Pambudi, D. K. (2020). Analisis Standarisasi Fasilitas Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta. MEDIKORA, 19(1). https://doi.org/10.21831/medikora.v19i1.30887

Permata, G. S., Fithroni, H., Khuddus, L. A., & Wismanadi, H. (2024). Sports Marketing Strategies Membangun Awareness & Public Interest Terhadap Olahraga Baru Fullball. Jurnal Porkes, 7(2), 966–979. https://doi.org/10.29408/PORKES.V7I2.26734

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1.

Suhartini, B. (2015). PEMBERDAYAAN LANSIA DENGAN AKTIVITASOLAHRAGA REKREASI THERAPUETIK. MEDIKORA, 2. https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4676

Veronika Karnowski, A. S. K. (2016). Diffusion of Innovations von Everett M. Rogers (1962). Schlüsselwerke Der Medienwirkungsforschung, 1962.

Zhou, H., Dai, X., Lou, L., Zhou, C., & Zhang, W. (2021). Association of sedentary behavior and physical activity with depression in sport university students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(18). https://doi.org/10.3390/ijerph18189881




DOI: https://doi.org/10.21831/jpok.v6i1.23568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Sigit Antoni, Jauza Aqila Nurhidayat, Riski Kumoro, Yogaswara Hayu Murti, Bayu Akbar Revantyo, Abusamah Farhan Ubaidah, Imanuel Pascal Ravanesta, Adji Pangestu Suhana, Alana Tegar Jelang Ramadhan, Muhammad Yasfa Al Mutaqi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pok/index.


View My Stats