Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Peserta Didik Dengan Unjuk Diri Menggunakan Media Pop Up Book di TK Baithul Hikmah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta dengan unjuk diri menggunakan media pop up book di TK Baithul Hikmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi oleh peneliti. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjekpenelitian ini adalah peserta didik kelompok B2 yang berjumlah 23 anak yaitu 11 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah rasa percaya diri peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa percaya diri pada peserta didik kelompok B2 di TK Baithul Hikmah. Percaya diri pada anak terjadi melalui berbagai proses yaitu 1) unjuk diri, kegiatan unjuk diri yang dilakukan dalam proses pembelajaran adalah berani tampil di depan kelas, bercerita, dan menjawab pertanyaan. 2) terjadi proses interaksi dalam kegiatan pembelajaran antara pendidik dengan peserta didik dan semasa teman saat kegiatan unjuk diri berlangsung. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan unjuk diri menggunakan media pop up book dapat meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik di TK Baithul Hikmah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alex Sobur. 1991. Komunikasi Orang Tua dan Anak. Bandung: Angkasa.
Hendra Surya. 2006. Kiat Membina Anak Agar Senang Berkawan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Iskarima Ratih. 2009. Super Confident Child: Tips Agar Anak Pemberani dan Percaya Diri. Yogyakarta: Impremium.
Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pongky Setiawan. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri ?. Yogyakarta: Parasmu.
Pradita Sarastika. 2014. Buku Pintar Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: Araska.
Pradita Sarastika. 2014. Stop Minder & Grogi: Saatnya Tampil Beda dan Percaya Diri. Yogyakarta: Araska.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Timothy Wibowo. 2012. 7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak. Diakses dari http://www.pendidikankarakter.com/wp- content/uploads/7-Cara-Meningkatkan-Rasa- Percaya-Diri-Anak.pdf pada tanggal 27 September 2014, jam 21:03.
DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v6i2.25477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Journal of Society and Continuing Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
View My Stats