Analisis Standar Isi dalam Pelaksanaan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Studi Kasus di Lembaga BK3S D.I. Yogyakarta)

Syifa Fitri Hirliana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis standar isi yang digunakan oleh Lembaga BK3S Daerah Istimewa Yogyakarta dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bagi Tenaga  Kesejahteraan Sosial (TKS). Metode yang digunakan berupa metode kualitatif deskriptif  dengan mengumpulkan beberapa hasil studi pustaka dan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat standar yang dirancang oleh lembaga BK3S Daerah Istimewa Yogyakarta itu sendiri dengan mempertimbangkan peraturan pemerintah yang sesuai dengan konteks pelaksanaan diklat tersebut. Adapun materi yang disampaikan berupa materi dasar dan yang sesuai dengan kondisi di lapangan.

Keywords


standar isi, pendidikan dan pelatihan, profesionalitas

Full Text:

PDF

References


Aminullah. (2018). Profesionalisme Dan Kualitas Pelayanan (Telaah Implementasi Dalam Penyelenggaraan Diklat Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan Dan Keagamaan). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, 6(1), 87–103. https://doi.org/https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.49

Buckley, R., & Caple, J. (2004). Theory and Practice of Training (5th ed.). https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Daryanto, & Bintoro. (2014). Manajemen Diklat. Penerbit Gava Media.

Julifan, J. A. (2015). Efektivitas manajemen pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi bagi guru. 2, 1–12.

Oktaviani, N. M., & Wulandari, I. (2019). Implementasi Standar Isi Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(6), 1289–1296. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7892

Padilah, I. P., & Suryana, Y. (2019). Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan Teknis Fungsional Peningkatan Kompetensi Guru Di Balai Diklat Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 1(1), 55–66. https://doi.org/10.15575/isema.v1i1.4985

Rahman, A. F. J., & Kamaliah, N. (2021). Pengaruh Diklat Fungsional Peneliti Tingkat Pertama Terhadap Peningkatan Kompetensi Jabatan Fungsional Peneliti. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 5(3), 223–230. https://doi.org/10.35446/DIKLATREVIEW.V5I3.602

Undang undang nomor 14 tahun 2019 tentang Pekerja Sosial, dokumen negara (Undang-undang republik Indonesia tentang pekerja sosial) 5 (2019). https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-18-2019-pesantren?amp

Sugiyanto, & Supartini. (2021). Model Pendidikan Dan Pelatihan Tenaga Kesejahteraan Sosial Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial, 20(2), 245–271.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v6i2.25474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia


View My Stats