Evaluasi CIPP pada Pelatihan Pemandu Wisata Outbound di Jogja Tourism Training Center

Kinanti Aprilia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan program pelatihan pemandu wisata outbound di jogja tourism training center dengan menggunakan model CIPP yang meliputi evaluasi context, input, process, dan product. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Evaluasi context yang terdiri dari dua aspek menunjukkan ketercapaian dan sesuai dengan kebutuhan.  Evaluasi Input, yang terdiri dari tujuh aspek yaitu warga belajar, instruktur, kurikulum, materi pelatihan, metode pelatihan, pendanaan, sarana dan prasarana semuanya juga sudah tercapai dengan baik. Evaluasi Process, yang terdiri dari empat aspek yaitu waktu pelaksanaan, penyelenggara pelatihan, kinerja instruktur dan aktivitas warga belajar dalam mengikuti kegiatan pelatihan tercapai sesuai dengan aspek-aspek evaluasi program model CIPP. Evaluasi Product, yang terdiri dari tiga aspek meliputi ketercapaian penguasaan materi oleh warga belajar, hasil belajar dan dampak program pelatihan sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords


Evaluasi, Outbound, Pelatihan, Jttc, CIPP

Full Text:

PDF

References


Agung, I. (2017). Peran Fasilitator Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk). Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. https://doi.org/10.21009/pip.312.6

Arina, Balqish, Davaluna, Indie, Riski, Silvia, & Ahmad. (2022). Training of Trainer Fasilitator Outbound Guna Menumbuhkan Basic Skills Generasi Muda. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 02(4), 1211–1216.

Istiyani, N. M., & Utsman, U. (2020). Evaluasi Program Model CIPP Pada Pelatihan Menjahit Di LKP Kartika Bawen. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 6. https://doi.org/10.19184/jlc.v3i2.16810

Setiyaningrum, A. (2016). Implementasi Model Evaluasi Cipp Pada Pelaksanaan Program Implementation of Cipp Evaluation Model on the Education and Training. e-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, V, 265–279.

Yoeti, Oka, A. (2002). Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Angkasa: Bandung.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Pendidikan Nasional, M. (2010). Undang Undang No 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional.

Bitner, M. J. (2009). UU RI No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Melalui http://www. budpar. go. id/filedata/4636_1364UU TentangKepariwisataannet1. pdf

Sara, R. V. A. (2018). Promotion Strategy Of Marketing Communication Division Of Bandung Makuta (Descriptive study about Promotion Strategy of marketing Communication Division of Bandung 1Makuta in Building ‘Brand Awareness’ Among Consumers) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v5i3.22753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia