Proses Diklat 3in1 pada Program Pelatihan Menjahit WBP Lapas Kerobokan di BDI Yogyakarta

Rizka Aulia Fachriza, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses diklat 3 in 1 yang dilaksanakan pada program pelatihan berbasis kompetensi menjahit garmen oleh warga binaan permasyarakatan Lapas Kerobokan di Balai Diklat Industri Yogyakarta. Pelatihan yang dilakukan oleh Balai Diklat Industri (BDI) menggunakan sistem three in one atau dapat disingkat 3 in 1, yaitu berupa pelatihan, sertifikasi kompetensi dan penempatan kerja. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan kurikulum dan modul yang mengacu pada kebutuhan industri agar terbentuk link and match antara lembaga pelatihan dengan perusahaan industri untuk menghasilkan lulusan pelatihan yang kompeten dan siap kerja. Pada akhir pelatihan dilakukan sertifikasi kompetensi terhadap peserta pelatihan, yang bertujuan untuk memastikan bahwa lulusan pelatihan telah kompeten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan menyajikan menggambarkan hasil data yang diperoleh dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan Target/sasarannya yaitu penyelenggara diklat pada Balai Diklat Industri Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri dengan pedoman wawancara.


Keywords


Diklat 3in1, Warga Binaan Permasyarakatan, Proses Diklat

Full Text:

PDF

References


Agustian, I. G., & Pamungkas, A. H. (2020). Description of Characteristics of Participants in Class 3 in 1 Operators Yunior Custom Made Women in Balai Diklat Industries, Padang. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(1), 112-118.

Sanusi, A. (2016). Aspek Layanan Kesehatan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan dan Tahanan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara (Aspects of Health Carestowards Convicts And Inmates). Jurnal Ilmiah Kebijakan Hukum, 10(1), 37-56.

Sugiyanto, L., Anggiat, T., & Handoko, A. (2022). Analisis Desain Poster Media Promosi Diklat 3in1 di Balai Diklat Industri Denpasar. Jurnal Desain-Kajian Bidang Penelitian Desain, 2(1), 143-155.

Rahargo, U. P., & Jannah, L. M. (2020). Tantangan Dalam Pengembangan Program Pelatihan Balai Diklat Industri Di Era Revolusi Industri 4.0. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 1-9.

Utoyo, M. (2015). Konsep pembinaan warga binaan pemasyarakatan analysis of prisoners guidance to reduce level. Pranata Hukum, 10(1).




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v5i2.21853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia