Pengelolaan Diklat pada Tim Pendamping Keluarga dalam Pencegahan Stunting di BKKBN DIY

Mufidatun Dhani Rahmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Adin Ariyanti Dewi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Erma Kusumawardani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan Diklat Pada Tim Pendamping Keluarga dalam pencegahan stunting di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN). Metode penelitian dalam penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Permasalahan ada pada fokus yaitu Efektivitas Pengelolaan Diklat pada Pusdiklat Kependudukan dan Keluarga Berencana di BKKBN DIY. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini staf penyelenggara diklat dan sub koor program kerja di bidang pendidikan dan pelatihan di BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan 1) perencanaan diklat pada Tim Pendamping Keluarga (TPK) di BKKBN DIY meliputi analisis kebutuhan diklat, merumuskan tujuan diklat, menyusun rencana pelatihan, penyusunan bahan ajar, penggunaan media pembelajaran, dan pengorganisasian 2) pelaksanaan diklat yang dilakukan pada Tim Pendamping Keluarga meliputi tugas Tim Pendamping Keluarga yaitu melakukan pendampingan terhadap keluarga yang memiliki kerawanan terhadap stunting, penggunaan aplikasi Elsimil sebagai media atau bahan ajar yang digunakan untuk membantu proses pendampingan, Tim Pendamping keluarga bersama Penyuluh KB menggunakan media Poster Penting sebagai alat pemantauan tinggi badan dan tiga pesan kunci mengenai stunting, serta mekanisme dan langkah kerja Tim Pendamping Keluarga. 3) evaluasi diklat pada Tim Pendamping Keluarga meliputi peningkatan kemampuan TPK dalam melakukan pendampingan di lapangan, kemampuan mengaitkan materi diklat untuk menunjang tugas pendampingan, dan perubahan perilaku sampai kepada perilaku sasaran yang didampingi.


Keywords


Pengelolaan diklat, Tim Pendamping Keluarga, Stunting, BKKBN

Full Text:

PDF

References


Basri, H. & Rusdiana (2015). Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: CV Pustaka Setia

Harun, A. (2014). Pengelolaan Pelatihan Dalam Organisasi (Tinjauan Teori Pembelajaran Orang Dewasa). AH Pamungkas. Sumbarprov. Go.Id.

Kemenkes. 2018.Cegah Stunting Itu Penting. WartaKESMAS

Kurniawati, N. & Ardiansyah, R.Y. (2022). Peningkatan Pengetahuan Kader TPK (Tim Pendamping Keluarga) Kota Mojokerto Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsinya Melalui Transfer Iptek. JURNAL BHAKTI CIVITAS AKADEMIKA.Volume V, Nomor 1.

Lisatriana, B., et al. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Penyuluh Keluarga Berencana Dalam Pendampingan Keluarga Berisiko Stunting. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal Volume 12 Nomor 3.

Peraturan Presiden RI No. 62 Tahun 2010 tentang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010. Jakarta

Peraturan Presiden RI No. 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2021. Jakarta.

Wardita, Y., Suprayitno, E., dan Kurniyati, E. M. (2021). Determinan Kejadian Stunting pada Balita. Jurnal Ilmu Kesehatan (Journal of Health Science), 6 (1).

Widanti, Y. A. (2017). Prevalensi, Faktor Risiko, dan Dampak Stunting Pada Anak Usia Sekolah. JITIPARI (Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Industri Pangan UNISRI), 1 (1).

Widiyastuti, U. dan Purwana E. S. (2015). Evaluasi Pelatihan (Training) Level II Berdasarkan Teori The Four Levels

Kirkpatrick. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 3 (2), 119- 128




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v5i2.21849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia