Pelaksanaan Program Muhadharah sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Public Speaking Santri di Pondok Pesantren ‘Ora Aji’ Tundan, Kalasan, Sleman
Tri Setiawati,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan pelaksanaan program muhadharah sebagai sarana mengembangkan kemampuan public speaking santri di Pondok Pesantren Ora Aji, (2) mendeskripsikan hasil pelaksanaan program muhadharah dalam mengembangkan kemampuan public speaking santri di Pondok Pesantren Ora Aji, (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program muhadharah sebagai sarana mengembangkan kemampuan public speaking santri di Pondok Pesantren Ora Aji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Ketua Lurah, Pendamping santri, ketua muhadharah, anggota muhadharah, dan masyarakat. Penentuan subyek dilakukan dengan purposive sampling, yaitu menetukan sumber data dengan pertimbangan tertentu. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) implementasi program muhadharah a) perencanaan yang dilakukan dengan pembuatan jadwal muhadharah, menentukan tema muhadharah, membuat dan mengoreksi teks pidato melalui kegiatan Ceramah, Khutbah, Puisi, Percakapan (2) Hasil pelaksanaan program Muhadharah: terciptanya kemandirian santri dalam menjalankan program muhadharah, meningkatnya juru dakwah yang berkompeten, serta pengetahuan santri akan public speaking semakin luas. (3) Faktor pendukung : adanya alat dan fasilitas, adanya bantuan dari pengasuh untuk menjalankan program dengan baik, adanya kesempatan bagi santri untuk mengimplementasikan di masyarakat. Faktor penghambat : kurangnya persiapan, grogi, kurangnya apresiasi dan dukungan dari anggota program muhadharah.
Keywords
Implementasi, Public Speaking, Muhadharah
References
Agus Hardjana. (2003). Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.
Alquahari, Yusuf. (2007). Membangun Pribadi Kreatif. Pustaka Nuun: Semarang
Amrih Setyo Raharjo. (2015). Proses Pendidikan Madrasah Diniyah Pondok Pesantren An-Nawawi Purworejo. Uny: Skripsi
Poerwadarminta. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Leny J Moleong. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Zuhri, Saifuddin. (2010). Public Speaking. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Departemen sosial RI (2009). Glosarium Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Pusdatin Kesos.
DOI:
https://doi.org/10.21831/jsce.v5i1.20847
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Society and Continuing Education
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
Journal of Society and Continuing Education p-ISSN:
2987-4955 e-ISSN:
2987-6613 Website:
https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index Email:
jscepls22@gmail.com Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia