Program Menghafal Al-Qur’an Juz 30 melalui Metode One Day One Color bagi Anak Usia 7-11 Tahun di TPA Al Amin Wonosobo

Sita Fitri Najiyah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana cara pelaksanaan program menghafal Al Qur’an Juz 30 Melalui Metode One Day One Color, (2) Faktor pendukung dan penghambat Program Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Melalui Metode One Day One Color. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola/ketua, ustadz/ustadzah TPA Al Amin, dan santri TPA Al Amin.  Setting penelitian ini adalah Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al Amin. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan sumber data. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bagaimana cara pelaksanaan program menghafal Al Qur’an Juz 30 Melalui Metode One Day One Color melalui tiga tahap, yaitu: (a) Tahap menghafal Al-Qur’an menggunakan metode One Day One Color dengan model Tahfidzh dengan arahan , bimbingan dan pemberian motivasi pentingnya menghafal Al Qur’an(b) Tahap menghafal Al-Qur’an menggunakan model Bin-Nazhar dan Takrir (muraja’ah) surat yang di hafal dengan diberikan cara menghafal Al Qur’an, Pratik menghafalkan dan mengulang hafalan yang sudah dihafalkan (c) Tahap Talaqi (penyetoran) hafalan dan Tasmi’ ke ustad dan ustazahsurat yang di hafal dengan buku prestasi untuk milihat kelancaran dalam menghafal lancar atau ulang. (2) faktor pendukung dan penghambat: (a) faktor pendukungnya yaitu kerjasama dengan takmir masjid Al Amin, dukungan wali santri dan dukungan masyarakat sekitar, (b) faktor penghambatnya yaitu kemampuan yang berbeda-beda pada santri, santri yang jarang mengaji sehingga ketinggalan hafalan,masih jarang santri yang melakukan muraja’ah dirumah.

Keywords


menghafal Al Qur’an, metode One Day One Color, TPA Al Amin

Full Text:

PDF

References


Abdul Fattah Az-Zawawi, Yahya. (2013). Metode Praktis Cepat Hafal Al- Qur’an.Solo:Pustaka Iltizam

Aziz Abdur Ro’uf, Abdul. (2010). Menghafal Al Qur’an Itu Mudah Seri 2 AndaPun Bisa Menjadi Hafidz Al Qur’an.Jakarta:Markas Al Qur’an.

Ahmad bin Salim B. ( 2016 ). MENJADI HAFIZH Tips dan Motivasi Menghafal Al-Qur’an. Solo. PT Aqwam Media Profetika.

Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdikbud. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Edward III, G C. (2007). Jurnal Administrasi Negara. LAN. Jakarta.

Ismawati, catur. (2016). “Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Metode One Day One Ayat Pada Anak Kelompok B1 Di Tk Masyithoh Al-Iman Bandung Jetis Pendowoharjo Sewon Bantul”. Jurnal Pendidikan GuruPAUD S1 Edisi 3 Tahun ke 5, hlm.377-348.

Kamal, Mustofa. ( 2017 ). “Pengaruh Pelaksanaan Progam Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan, Vol. 6 No. 2, hlm 1-17.

Keswara, Indra. ( 2017 ). “Pengelolaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an (Menghafal Al Qur’an) Di Pondok Pesantren Al Husain Magelang”. Jurnal Hanata Widya Volum 6 Nomer, hlm. 62-73.

Moleong, Lexy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal Al Qur’an. Yogyakarta: Gema Insani.

Sudjana S.,H. (2004). Pendidikan Non Formal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat dan Teori Pendukung sera Asas. Bandung: Fallah Production.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sudjana S. ( 2001). Pendidikan Luar Sekolah.

Bandung. Falah Production.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Wisnu A. W. ( 2004 ). Al-Qur’an dan Energi Nuklir. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v4i1.19455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia