Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya Desa Tamanmartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman

Atika Hani Listyati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Proses Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya, 2) Hasil Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya, dan 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pemberdayaan Pemuda melalui Usaha Ekonomi Produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah pengurus, anggota dan koordinator usaha. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan peneliti melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Proses pemberdayaan pemuda melalui usaha ekonomi produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya dilakukan dengan lima tahapan yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap penyadaran, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi/penilaian. 2) Hasil pemberdayaan pemuda melalui usaha ekonomi produktif di Karang Taruna Taman Bina Karya meliputi kecakapan vokasional, kecakapan sosial, kecakapan personal, dan kecakapan akademik. 3) Faktor pendukung pemberdayaan pemuda yaitu pihak pemerintah Desa Tamanmartani, Kader PKK Desa, pamong Desa, sumber daya manusia, dan proposal kegiatan Karang Taruna. Faktor penghambatnya adalah waktu dan kepentingan pemuda yang berbeda-beda, pelatihan kewirausahaan masih kurang, pengetahuan tentang pembukuan usaha masih minim, dan pelaksanaan acara di Desa yang diadakan pagi hari.

Keywords


Pemberdayaan Pemuda, Karang Taruna, Usaha Ekonomi Produktif

Full Text:

PDF

References


Abdul Hamid Razak. (2013). Ratusan Karang Taruna Mati Suri. Diakses dari www.harianjogja.com pada hari Rabu, tanggal 04 Oktober 2017 Pukul 11.01 WIB.

Ambar Teguh. (2004). Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Anan Sutisna. (2013). Model Pemberdayaan Perempuan Pengarusutamaan Gender Melalui Layanan Pendidikan Masyarakat Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Cakrawala Pendidikan. Volume 3, No. 3, November 2013: 471-479.

Andi Hartik. (2016). Laju Pertumbuhan Penduduk 4 Juta per Tahun, Idealnya 2 Juta. Diakses dari www.regionalkompas.com pada hari Kamis, tanggal 10 Agustus 2017 pukul 14.44 WIB.

Anwar (2007). Manajemen Pemberdayaan Perempuan (Perubahan Sosial melalui Pembelajaran Vocational Skill pada Keluarga Nelayan). Bandung:Alfabeta.

Arie Dwi Satrio. (2015). Karang Taruna merupakan Wadah bagi Organisasi Pemuda. Diakses dari www.okezonenews.com pada hari Minggu, tanggal 05 November 2017 Pukul 08.32 WIB.

Arif Budiman. (2000). Teori Pembangunan Dunia Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

BKKBN. (2012). Tentang Bimbingan dan Pembinaan Keluarga Remaja. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

BPS Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. (2014). Komposisi Penduduk menurut Usia dan Jenis kelamin serta Tingkat Partisipasi Kerja (TPAK). Diakses dari www.yogyakarta.bps.go.id Pada hari Senin, tanggal 25 September 2017 pukul 07.46 WIB.

Chabib Sholeh. (2014). Dialektika Pembangunan dengan Pemberdayaan. Bandung: Fokusmedia.

Dadang Kurnia. (2017). Mensos:Karang Taruna harus jadi pelopor Pembangun Desa. Diakses dari www.nasionalrepublika.co.id pada hari Minggu, tanggal 05 November 2017 Pukul 08.29 WIB.

Djuju Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.

Edi Suharto, PhD (2010). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat. Bandung: PT. Refika Aditama.

Endro Winarno, dkk. (2011). Partisipatori Pemberdayaan Karang Taruna. Yogyakarta: B2P3KS Press.

Friska Indria Nora Harahap. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Pemulung Sampah Sungai Citarum Melalui Koperasi Bangkit Bersama. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan. Volume 4, No. 2, November 2017: 180-186.

Ginandjar Kartasasmita. (1997). Pemberdayaan Masyarakat: KOnsep Pembangunan yang Berakar Pada Masyarakat. Bandung: Pascasarjana Studi Pembangunan ITB.

Gunawan dan Muhtar. (2010). Kontribusi Organisasi Sosial dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Jakarta: P3KS Press.

Karang Taruna Gelaran II. (2013). Goa Pindul- Karang Taruna Wirawisata. Diakses dari goapindul.indonetwork.co.id pada hari Rabu, tanggal 04 Oktober 2017 pukul 11.05 WIB.

Kementrian Pemuda dan Olahraga. (2010). Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan Diakses dari www.kemenpora.go.id pada hari Sabtu, tanggal 21 Oktober 2017 pukul 09.06WIB.

Kementrian Sosial RI. (2013). Pemberdayaan Karang Taruna. Diakses dari www.bphn.go.id pada hari Minggu, tanggal 01 Oktober 2017 pukul 08.00WIB.

Lexy J. Moleong (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2011). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Nurul Zuriah (2007). Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soetomo. (2015). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Totok Mardikanto & Poerwoko Soebiato (2015). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Usman Sunyoto. (2010). Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v3i3.19437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia