Implementasi Pengelolaan Kursus Berbasis Komputer di Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) RJ-COMP Yogyakarta

Fatiha Nursila, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan: (1) bentuk implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di LPK RJ-Comp Jogja, (2) faktor penghambat implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di LPK RJ-Comp Jogja, (3) upaya yang dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di LPK RJ- Comp Jogja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek dalam penelitian ini adalah pimpinan, pengajar/tentor, dan peserta didik. Obyek penelitian ini adalah pengelolaan kursus berbasis kompuerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di RJ-Comp Jogja sudah dikelola cukup baik meskipun masih ada kekurangan di dalamnya. Bentuk implementasi pengelolaan kursus berbasis komputer di RJ-Comp Jogja dilakukan dengan cara koordinasi antara Direktur dengan semua pengajar atau tentor, koordinasi bertujuan merumuskan materi kursus yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan peserta didik, waktu dan jadwal pelaksanaan kursus dilaksanakan secara fleksibel berdasarkan kesepakatan antara pengajar dengan peserta didik, program kursus berbasis komputer yang diselenggarakan RJ-comp Jogja meliputi, teknis, multimedia, design teknik, design web, bisnis online dan pemogramman, perkantoran. (2) faktor penghambat, yaitu alat praktik komputer kurang lengkap dan jumlah tenaga pengajar tetap masih kurang. Upaya mengatasi hambatan, yaitu meningkatkan koordinasi dalam hal pengadaan pendanaan untuk melengkapi alat praktik komputer, dan menambah jumlah pengajar atau tentor.

Keywords


Implementasi, Pengelolaan, Kursus Berbasis Komputer

Full Text:

PDF

References


Fattah, N. (2004). Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Moleong, L.J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sihombing, Umberto, (2000). Pendidikan Luar Sekolah Managemen Strategi. Jakarta: PD. Mahkota.

Sudjana, D. (2005). Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT Falah Production.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutabri, T. (2005). Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Andi Offised.




DOI: https://doi.org/10.21831/jsce.v2i2.19198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JSCE: Journal of Society and Continuing Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 


Journal of Society and Continuing Education
p-ISSN: 2987-4955 e-ISSN: 2987-6613
Website: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/index
Email: jscepls22@gmail.com
Published by: Faculty of Education and Psychology, Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia