FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK MATERI BELADIRI DI SLTA SE-KECAMATAN SRAGEN

Bayu Sukarno Putro, , Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam pembelajaran PJOK di sekolah ada yang mengajarkan beladiri dan ada pula yang tidak mengajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar faktor- faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran PJOK materi beladiri di SLTA se-Kecamatan Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor pendukung keterlaksanaan pembelajaran PJOK materi beladiri di SLTA se-Kecamatan Sragen secara keseluruhan berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 2,2%, kategori tinggi sebesar 28,3%, kategori sedang dengan persentase sebesar 47,8%, kategori rendah sebesar 10,9%, dan kategori sangat rendah dengan persentase sebesar 10,9%. Kurikulum menjadi faktor yang paling mendukung diantara semua faktor yang ada dengan persentase sebesar 20,3%, sedangkan faktor sumber belajar memiliki persentase terendah, yaitu sebesar 19,6%. Kata kunci: faktor-faktor pendukung, pembelajaran, PJOK, beladiri Abstract Background of the study is about martial arts is uncertainty in doing PJOK study at school. The purpose of this study is to investigate supporting factors that materialize PJOK study about martial arts at senior high school in sub-district Sragen. The research belongs to quantitative descriptive by using questionnaire. The object of the study used 46 teachers of PJOK Senior High School in Sragen sub-district. The data are analyzed from quantitative descriptive with percentage. The result of the study reveals the dominant of supporting factors that materialize PJOK study about martial arts in senior high school in sub-district Sragen are at very high level with 2,2%, high level with 28,3%, medium level with 47,8%, low level with 10,9%, and very low level 10,9%. Here, the curriculum becomes the factor that most support among all the factors with a percentage of 20,3%, while the factors of learning resources had the lowest percentage, amounting to 19,6%. Keywords: supporting factors, study, PJOK, martial arts.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.