IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP N 2 SUMBUNG MEGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING
Aris Fajar Pambudi, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran pendidikan jasmani
olahraga dan kesehatan SMP N 2 Srumbung menggunakan metode problem based learning. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK
dan siswa SMP N 2 Srumbung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu
pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan
triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan SMP N 2 Srumbung menggunakan metode problem based learning
belum terlaksanakan dengan baik. Berbagai kendala yang dihadapi adalah guru belum sepenuhnya
siap dalam menggunakan kurikulum 2013, serta kurangnya sarana dan prasana dan media
pembelajaran di sekolah.
Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran PJOK, Metode Problem Based Learning
olahraga dan kesehatan SMP N 2 Srumbung menggunakan metode problem based learning. Penelitian
ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK
dan siswa SMP N 2 Srumbung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu
pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan
triangulasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran pendidikan
jasmani olahraga dan kesehatan SMP N 2 Srumbung menggunakan metode problem based learning
belum terlaksanakan dengan baik. Berbagai kendala yang dihadapi adalah guru belum sepenuhnya
siap dalam menggunakan kurikulum 2013, serta kurangnya sarana dan prasana dan media
pembelajaran di sekolah.
Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran PJOK, Metode Problem Based Learning
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.