PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SD KARANGJATI

Cahya Lintang Pertiwi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) peserta didik kelas 4 SD Negeri Karangjati, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 4 semester ganjil SD Negeri Karangjati dengan jumlah 28 peserta didik. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I peneliti mendapati hasil nilai tes evaluasi peserta didik yang mencapai KKM sebesar 42,80%. Selanjutnya pada siklus II peneliti memperoleh hasil nilai tes evaluasi peserta didik yang mencapai KKM sebesar 82,20%. Hasil nilai keterampilan diskusi kelompok peserta didik pada siklus I pertemuan 1 sebesar 50% dan meningkat pada pertemuan 2 sebesar 70%. Pada siklus II hasil keterampilan diskusi kelompok peserta didik pada pertemuan 1 sebesar 90% dan meningkat pada pertemuan 2 sebesar 100%.

Kata kunci: model Student Team Achievement Division (STAD), hasil belajar muatan IPS SD


Abstract

This study aims to increase in learning outcomes of social science content (IPS) in grade 4 students of SD Negeri Karangjati, Ngaglik, Sleman in the Academic Year 2019/2020 using the cooperative learning model type Student Team Achievement Division (STAD). This type of research is Classroom Action Research (CAR). The research subjects were grade 4 students of SD Negeri Karangjati with a total of 28 students. The research model used is the Kemmis and Mc. Taggart. Data collection techniques using the test. The results showed an increase in learning outcomes from cycle I to cycle II. In the first cycle the researchers found the learning outcomes of students who reached the minimal completeness criteria of 42.80%. Furthermore, in the second cycle researchers obtained learning outcomes of students who reached the minimal completeness criteria of 82.20%. The results of the students' group discussion skills in cycle I meeting 1 were 50% and increased in meeting 2 by 70%. In cycle II the results of the group discussion skills of students at meeting 1 by 90% and increased at meeting 2 by 100%.

Keywords: Student Learning Achievement Division (STAD) model, social studies outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.