PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA DI SD N SINDUADI 2

Oki Firmansyah,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang peran kepala sekolah dalam penanaman karakter disiplin siswa di SD N Sinduadi 2. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Interactive Model Miles & Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah telah menerapkan 7 dari 8 langkah untuk menanamkan karakter, yaitu (1) membuat peraturan dan tata tertib sekolah, (2) menerapkan sanksi dan penghargaan, (3) menciptakan keteladanan, (4) mengadakan kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa, (5) memaksimalkan kegiatan keagamaan dan tempat ibadah, (6) melakukan dialog dengan orang tua atau wali siswa, (7) melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan peraturan, dan langkah yang belum diterapkan oleh kepala sekolah adalah membuat daftar siswa bermasalah yang nantinya dapat diadakan pembinaan, Kepala sekolah juga telah melaksanakan tujuh peran kepala sekolah yaitu peran sebagai (1) edukator (2) manajer (3) administrator (4) supervisor (5) leader (6) inovator, dan (7) motivator. 

Kata kunci: Kepala Sekolah, Disiplin Siswa

 

Abstract

This study aims to describe and analysis the role of the headmaster in relation to the steps of building students' discipline in SD N Sinduadi 2. The instruments are observation, interview and documentation. The data analysis techniques used Miles & Huberman’s Interactive Model. The data validation used triangulation. The results of this study showed that the headmaster has carried out a role to fulfill at least 7 of the 8 steps for building discipline character, namely (1) making school rules and regulations, (2) applying sanctions and rewards as a consequence of the existence of rules and obedience, (3) creating role models for students or teachers, (4) conducting extracurricular activities for students, (5) maximizing religious activities and places of worship, (6) conducting dialogues and talk with student guardians, (7) monitoring the implementation of rules and regulations, and one step that not been done by headmaster is to making a list of problematic students for coaching later. The headmaster also fulfilled 7 roles as a headmaster, which were the role as a(n) (1) educator (2) manager (3) administrator (4) supervisor (5) leader (6) innovator dan (7) motivator.

Keywords: Headmaster, Student Discipline


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.