EMAHAMAN GURU TERHADAP KARAKTERISTIK GAMBAR ANAK TK KELOMPOK B SE-KECAMATAN JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Erischa Nurul Ma’ruf,

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa pemahaman guru terkait karakteristik gambar anak TK kelompok B se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan jenis data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket pertanyaan tertutup. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala Guttman dengan 2 alternatif jawaban, terdiri atas 24 butir pernyataan. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu guru TK kelompok B se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 54 guru. Pemahaman guru terhadap karakteristik gambar anak TK kelompok B se-Kecamatan Jetis Bantul Yogyakarta yang mencakup wawasan guru terhadap pengertian menggambar dan pembinaannya, tipe gambar anak, periode perkembangan anak TK kelompok B dalam menggambar, dan kesan ruang hasil gambar anak. Dapat disimpulkan dengan persentase 13 guru (24,1%) kategori baik, 37 guru (68,5%) kategori cukup, dan 4 guru (7,4%) kategori kurang baik. Sehingga rata-rata keseluruhan dari pemahaman guru terhadap karakteristik gambar anak TK kelompok B masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 68,5%.

Kata kunci: pemahaman, gambar, guru, taman kanak-kanak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.