DESKRIPSI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN KEMANDIRIAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TKIT NURUL ISLAM GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran dalam menanamkan kemandirian pada anak kelompok A. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa TKIT Nurul Islam menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode bercerita, metode bercakap-cakap, metode bermain, metode karyawisata, metode demonstrasi, metode pemberian tugas, dan metode proyek dalam penanaman kemandirian anak kelompok A. Alasan penggunaan metode-metode pembelajaran tersebut adalah, 1) metode pembiasaan, bercerita, bermain, pemberian tugas, & keryawisata efektif menjadi sarana penanaman kemandirian anak, 2) metode keteladanan, di manapun anak membutuhkan keteladanan, 3) metode bercakap-cakap akan melatih komunikasi dua arah anak. Hambatan dan solusi metode-metode tersebut adalah sebagai berikut, 1) guru kurang konsisten dalam menerapkan metode keteladanan, sehingga diadakan sop 2) metode karyawisata membutuhkan dana yang banyak, sehingga diadakan penggaggaran, 3) tidak meratanya kemampuan guru dalam penerapan metode proyek dan demonstrasi, sehingga dituntut untuk meningkatkan kapasitas.
Kata Kunci: metode pembelajaran, kemandirian, anak kelompok A
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.