PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI ANAK KELOMPOK B
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata melalui penggunaan media gambar seri pada anak kelompok B TK ABA Miliran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dengan model Kemmis & Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK ABA Miliran Yogyakarta yang berjumlah 15 anak yaitu 6 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Objek penelitian adalah penguasaan kosakata melalui penggunaan media gambar seri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif tabel persentase dan deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata penguasaan kosakata anak telah mencapai 80%. Penguasan kosakata anak mengalami peningkatan setelah pemberian tindakan yang dilakukan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata penguasaan kosakata anak pada pratindakan sebesar 26,7%, meningkat menjadi 60% pada tindakan Siklus I, dan mencapai 86,7% pada tindakan Siklus II.
Kata kunci: penguasaan kosakata, gambar seri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.