UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEMBATIK DI TK NEGERI PEMBINA GALUR KULON PROGO

Yeni Priandani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan membatik motif geblek renteng pada anak kelas B3 di TK Negeri Pembina Galur Kulon Progo. Desain penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dalam dua Siklus. Subjek penelitian ini adalah anak Kelas B3 TK Negeri Pembina Galur Kulon Progo, dengan jumlah siswa sebanyak 18 anak. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan keterampilan motorik halus terjadi pada setiap Siklus dan meningkat dengan baik. Pada tahap pra tindakan persentase pencapaian keterampilan motorik halus anak sebanyak 59,72% berada pada kriteria mulai berkembang (MB), kemudian meningkat pada Siklus I menjadi 69,79% berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Pada Siklus II persentase pencapaian kemampuan motorik halus anak meningkat mencapai 85,76% berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB).

 

 

Kata Kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan membatik motif geblek renteng


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.