PENERAPAN PEMBELAJARAN ETIKA BERLALU LINTAS (ELL) UNTUK MENANAMKAN KARAKTER DI TK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran etika berlalu lintas untuk menanamkan karakter di TK Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini meliputi guru, kepala sekolah, peserta didik dan wali murid. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah : 1) Pedoman yang digunakan yaitu pedoman pelaksanaan pendidikan etika berlalu lintas tahun 2012 yang disusun oleh dikpora DIY, 2) Perencanaan dengan memasukkan indikator pendidikan ELL ke dalam RKM dan RKH, 3) Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan melalui pengintegrasian, pembudayaan serta pembiasaan, 4) Penilaian terintegrasi dengan penilaian pembelajaran lainnya, 5) Karakter yang muncul dalam pendidikan ELL adalah religius, disiplin, toleransi dan tanggungjawab, 6) Faktor penghambat yaitu area sekolah yang sempit, dan faktor lingkungan yang tidak bisa dikontrol oleh pihak sekolah, 7) Cara mengatasi faktor yaitu dengan mengadakan komunikasi antara guru dan orangtua, menyesuaikan penggunaan taman lalu lintas, meningkatkan kerjasama dengan orangtua.
Kata kunci: pembelajaran ELL, karakter, studi deskriptif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.