EKSPRESI KEGEMBIRAAN ANAK DALAM MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI KELOMPOK B TK ABA JOGOKARYAN, KECAMATAN MANTRIJERON, YOGYAKARTA

Noerizka Putri Fajrin,

Abstract


  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ekspresi kegembiraan anak dalam model pembelajaran sentra di kelompok B TK ABA Jogokaryan, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah anak TK kelompok B TK ABA Jogokaryan. Objek penelitian ini adalah ekspresi kegembiraan anak dalam model pembelajaran sentra di kelompok B TK ABA Jogokaryan. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspresi kegembiraan anak dalam model pembelajaran sentra di kelompok B TK ABA Jogokaryan terlihat dalam 37 kegiatan yang menyebabkan ekspresi kegembiraan muncul dan sangat sering muncul saat mengerjakan kegiatan main. Ekspresi kegembiraan anak paling banyak terlihat yaitu di sentra budaya dan kreativitas 2. Faktor penyebab munculnya ekspresi kegembiraan anak dalam model pembelajaran sentra yaitu kebebasan kepada anak, kegiatan berpusat pada anak, kesepakatan main, variasi kegiatan main, perlakuan guru, dan cerita pagi dan recalling.

 

Kata kunci: ekspresi kegembiraan, model pembelajaran sentra, TK kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.