PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN KOSA KATA BAHASA JAWA PADA ANAK KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK

Puji Wahyuni,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak digunakan untuk mengenalkan kosa kata bahasa Jawa dan meningkatkan hasil belajar anak kelompok B Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian kelayakan oleh reviewer, lembar observasi, serta pedoman wawancara soal evaluasi hasil belajar. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil belajar anak dianalisis dengan menggunakan analisis Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penilaian terhadap kelayakan media yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan skor 4,2 dengan kriteria “Baik”, penilaian ahli materi menunjukkan skor 4,8 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil belajar pada uji coba kelompok kecil di TK PKK 38 Guwosari menunjukkan nilai 88,65 dengan dengan kategori “Tuntas”, sedangkan hasil observasi terhadap penerapan media memperoleh skor 4,02 dengan kriteria “Baik”. Pada uji coba kelompok besardi TK Masyitoh 1 Gemahan, hasil belajar memperoleh nilai 80,10yang termasuk ke dalam kategori “Tuntas”, sedangkan hasil observasi menunjukkan skor 4,74 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Gladhi Basa Jawa layak digunakan untuk mengenalkan dan meningkatkan hasil belajar anak Kelompok B Taman Kanak-kanak terhadap kosa kata bahasa Jawa.

 

Kata kunci:kosa kata, media pembelajaran, taman kanak-kanak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.