MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN (1-10) MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA KELOMPOK A DI TK PKK 106 MERTEN SANDEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan (1-10) melalui media papan flanel pada Kelompok A di TK PKK 106 Merten Sanden Bantul. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam dua Siklus. Metode pengumpulan data adalah observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase disetiap indikator yang dinilai. Berdasarkan kriteria Belum Berkembang (BB), Mulai Berkembang (MB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) maka persentase pencapaian anak dalam satu kelas untuk indikator membilang dengan menunjuk benda (1-10) pada pra siklus yaitu 50% (MB), Siklus I 70,82% (BSH) dan Siklus II 90,3% (BSB). Indikator membuat urutan bilangan (1-10) pada pra siklus 44,44% (MB), Siklus I 64,58% (BSH) dan Siklus II 83,63% (BSB). Indikator menunjukkan lambang bilangan (1-10) pada pra siklus 45,83% (MB), Siklus I 68,05% (BSH) dan Siklus II 88,19% (BSB). Indikator memasangkan benda dengan lambang bilangan (1-10) pada pra siklus 38,88% (MB), Siklus I 62,49% (BSH) dan Siklus II 84,34% (BSB). Dapat disimpulkan bahwa media papan flanel meningkatkan kemampuan berhitung anak.
Kata kunci: berhitungpermulaan, papan flanel, TK Kelompok A
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.