MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP LEBIH BANYAK, LEBIH SEDIKIT, SAMA, TIDAK SAMA MENGGUNAKAN BENDA KONKRET A2 TK ABA GENDINGAN

Suaditya Amoria Suci,

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, tidak sama menggunakan benda konkret di kelompok A2 TK ABA Gendingan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif dilakukan dua Siklus. Subjek penelitian ini adalah kelompok A2 TK ABA Gendingan tahun 2016/2017 berjumlah 13 anak. Objek penelitian adalah kemempuan mengenal konsep lebih banyak, lebih sedikit, sama, tidak sama. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan indikator “sama” saat Pra Siklus yaitu 47,1%, Siklus I yaitu 70,15%, dan Siklus II menjadi 92,58%. Indikator “tidak sama” Pra Siklus yaitu 46,1%, Siklus I yaitu menjadi 69,65%, dan Siklus II meningkat  menjadi 93,53%. Indikator “lebih banyak” Pra Siklus yaitu 43,2%, Siklus I yaitu meningkat menjadi 69,65%, dan Siklus II meningkat menjadi 91,3%. Indikator “lebih sedikit” Pra Siklus yaitu 44,2%, Siklus I menjadi 72,55%, dan Siklus II meningkat menjadi 90,36%.

 

Kata kunci: mengenal, lebih banyak, lebih sedikit, sama, tidak sama, benda konkret

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.