IDENTIFIKASI PENANAMAN NILAI KARAKTER KELOMPOK B DI GUGUS IV AMBARKETAWANG KECAMATAN GAMPING

Endah Windiastuti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter yang ditanamkan di Kelompok B, metode penanaman nilai karakter, faktor penghambat serta pendukung dalam penerapan nilai karakter, serta bagaimana upaya mengatasi faktor penghambat pada penanaman nilai-nilai karakter di gugus IV Ambarketawang Kecamatan Gamping. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah 1) Dalam menanamkan nilai-nilai karakter, 4 TK sudah menanamkan 18 nilai karakter; 3 TK menanamkan 17 nilai karakter; 2 TK menanamkan 16 nilai karakter; dan 1 TK menanamkan 15 nilai karakter. 2) Metode yang banyak digunakan adalah metode pembiasaan dan metode yang paling sedikit digunakan adalah metode karya wisata. 3) Faktor pendukung penanaman nilai karakter yaitu adanya motivasi sekolah untuk menanamkan nilai karakter dan orangtua yang selaras dengan program sekolah. Faktor penghambat adalah adanya beberapa orangtua yang tidak meneruskan program penanaman nilai karakter sekolah di rumah. 4) Cara mengatasi faktor penghambat dengan terus mendampingi siswa, mengadakan buku penghubung, dan mengadakan parenting.

 

Kata kunci : anak usia dini, penanaman nilai karakter, studi deskriptif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.