KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FILM DORA THE EXPLORER DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA ANAK DI KELOMPOK BERMAIN TAMANKU YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media film Dora The Explorer dalam meningkatkan kosakata anak di Kelompok Bermain Tamanku.Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Penelitian ini dilakukan dalam 10 kali pertemuan, dengan subjek penelitian berjumlah enam anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes lisan. Instrumen yang digunakan berupa kartu bergambar kosakata benda. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian ini menggunakan media Film Dora The Explorer yang terdiri dari episode baby dino, berry hunt, super spies dan missing piece. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif dan ditampilkan dalam tabel dan diagram batang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film Dora The Explorer efektif dalam meningkatkan kosakata anak. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kenaikan skor rata-rata perolehan pre-test dan post-test yaitu sebesar 22,26 (44,52%). Adapun bukti lain yaitu, anak dapat menjawab, mengucapkan dan mengetahui kegunaan kata benda dengan benar seperti jaket penyelamat, sabuk pengaman, perahu, dayung dan ransel. Penerapan media dalam penelitian ini yaitu berdasarkan pada penyajian isi film, yang mengajak anak tidak hanya menonton tetapi juga aktif terlibat dalam film tersebut. Anak ikut membantu menemukan jalan keluar dan ikut menjawab pertanyaan atau teka-teki yang disampaikan pada film tersebut.
Kata kunci: kosakata, film Dora The Explorer
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.