PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DISERTAI GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KUSUMA PUGERAN SURYODININGRATAN YOGYAKARTA

Chesaria Puspa Ningsih,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK Kusuma Pugeran, Suryodiningratan Yogyakarta melalui metode bercerita disertai gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berbicara pada anak-anak di kelompok B TK Kusuma. Langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara adalah melakukan apersepsi, guru memulai kegiatan bercerita, memberikan pertanyaan kepada anak serta memberi kesempatan anak untuk menceritakan kembali kemudian melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Peningkatan dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan, pada pra tindakan, Siklus I dan Siklus II menunjukan kemampuan berbicara anak meningkat dengan hasil kriteria sangat baik 78,57% dan 21,43% pada kriteria baik. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa melalui metode bercerita disertai gambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.

 

Kata kunci: kemampuan berbicara, metode bercerita disertai gambar, kelompok B.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.