SUPERVISI KEPALA TK DAN KINERJA GURU TK DI GUGUS I KECAMATAN KALIBAWANG KULON PROGO

Febri Rahmawati Romadhoni,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala TK, persepsi guru tentang supervisi kepala TK, pelaksanaan kinerja guru TK, dan persepsi kepala TK tentang kinerja guru TK di Gugus I Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo. Supervisi penting untuk diteliti karena belum semua kepala TK melakukan supervisi terhadap kinerja guru TK. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diteliti adalah delapan guru dan enam kepala TK di Gugus I Kecamatan Kalibawang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala TK sangat baik dengan persentase rata-rata nilai 85%. Persepsi  guru TK tentang supervisi akademik kepala TK sangat baik dengan persentase rata-rata nilai 84%. Pelaksanaan kinerja guru TK sangat baik dengan persentase rata-rata nilai 86%. Persepsi kepala TK tentang pelaksanaan kinerja guru TK sangat baik dengan persentase rata-rata nilai 87%.

 

Kata kunci: supervisi kepala TK, kinerja guru TK


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.