PENINGKATAN PENGETAHUAN NILAI MORAL MELALUI MEDIA MIND MAPPING PADA ANAK KELOMPOK B2 DI KB MUTIARA INSAN CENDEKIA BOYOLALI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan nilai moral anak melalui media Mind Mapping di Kelompok B2 KB Mutiara Insan Cendekia Boyolali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan subjek semua anak Kelompok B2 di KB Mutiara Insan Cendekia Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 13 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif, dengan indikator keberhasilan sebesar 76% dari 13 anak yaitu 9 anak yang mencapai kriteria berkembang sangat baik. Hasil dari penelitian ini adalah media Mind Mapping dapat meningkatkan pengetahuan nilai moral anak Kelompok B2 di KB Mutiara Insan Cendekia Boyolali. Tindakan yang diterapkan yaitu memanggil anak satu persatu ke depan kelas, mempersilahkan anak mengambil gambar yang benar tentang perilaku baik dan buruk serta tata tertib di sekolah, menanyakan kepada anak tentang gambar yang diambil dengan menggali tingkat pengetahuan nilai moral anak, serta diakhiri dengan menempel dan mengklasifikasikan gambar pada media Mind Mapping. Peningkatan pengetahuan nilai moral anak ditunjukkan dengan data dari penelitian pra tindakan, anak yang mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sebanyak 2 anak (15,40%), sedangkan pada pasca Siklus I menjadi 7 anak (53,80%), selanjutnya pada pasca Siklus II meningkat menjadi 10 anak (76,90%).
Kata kunci: pengetahuan moral, anak, mind mapping
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.