STUDI KASUS PROSES PEMBELAJARAN INKLUSI DI TK ISLAM PELANGI ANAK NEGERI UMBULHARJO YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran inklusi di TK, yang terdiri: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian yaitu 1 kepala sekolah, 6 guru, dan 99 peserta didik. Objek penelitian yang diambil adalah proses pembelajaran TK inklusi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi deskripsi dan partisipasi, wawancara terstruktur dan mendalam, serta dokumentasi gambar. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model alir yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi metode dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran untuk ABK dan reguler berdasarkan kurikulum 2013. (2) Kegiatan pembelajaran, metode, dan peran ABK dan reguler dalam pembelajaran sama, tetapi isi materi disesuaikan kebutuhan anak. (3) Evaluasi perkembangan anak dilakukan di awal dan akhir semester, pada awal semester menggunakan tes sidik jari dan akhir semester menggunakan raport.
Kata kunci: studi kasus, pembelajaran inklusi, anak usia TK.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.